#EngTips: Language Acquisition vs. Language Learning

Do you still remember the topic on the basics of English grammar? If you don’t, go check it out again #EngClass: understanding the basics of English grammar.

Di sesi itu, admin bertanya satu pertanyaan klasik yang mungkin ‘menghantui’ sebagian dari kita:

“Apakah grammar itu penting?”

Admin mendapat berbagai respon, ada yang bilang penting, ada yang tidak. Yang jelas, menurut kami grammar itu penting (penjelasan ada di link di atas).

Walaupun begitu… Kami percaya hanya dengan mempelajari grammar saja bukanlah kunci sukses untuk dapat menguasai bahasa Inggris.

“Language is acquired, but grammar is learned.” Bahasa itu diperoleh, tapi grammar (tata bahasa) itu dipelajari.

Language acquisition

Seperti halnya ketika kita belajar bahasa Indonesia sedari kecil. Pada awalnya kita tidak terlalu mempedulikan aturan tata bahasanya. Hingga akhirnya kita terbiasa dgn bahasa Indonesia itu sendiri dan menangkap secara tidak sadar bagaimana tata bahasanya digunakan. Proses ini lah yang disebut sebagai ‘language acquisition‘ atau ‘pemerolehan bahasa‘. Proses ini seringkali terjadi di bawah sadar.

Admin yakin para guru bahasa Inggris pasti paham istilah ini ya… Belum? Cari tahu lebih banyak untuk membantu mengajar di kelas.

Maka jika ingin sukses menguasai bahasa Inggris, gunakanlah metode yang sama ketika kita belajar bahasa Indonesia dulu. Seperti apa? Secara tidak sadar membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Nonton film, dengar musik, ngobrol, baca, semua dalam bahasa Inggris. Ketika kita sudah terbiasa mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis, kita akan terbiasa dengan bentuk tata bahasa/grammar yang benar.

Hanya 3 dari 8 admin @EnglishTips4U yang lulusan Sastra Inggris, yang artinya tidak semua mempelajari grammar secara terperinci ketika kuliah. Kok bisa? Kembali ke language acquisition. Karena bahasa Inggris sendiri tidak melulu tentang grammar kan? Ada vocab, slang, idiom, etc.

Language learning

Setelah terbiasa dengan bahasa Inggris, jangan berhenti sampai di situ. Asah terus kemampuan dengan secara sadar memperdalam/mempelajari grammar. Mempelajari grammar itu penting terutama jika kamu ingin meningkatkan cara menulis dan memahami struktur bahasa yang lebih rumit. Yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri pasti paham akan hal ini. Atau ketika kita mempersiapkan diri untuk menghadapi TOEFL/IELTS. Proses belajar grammar secara sadar ini lah yang disebut dengan ‘language learning‘ atau ‘pembelajaran bahasa‘.

Nah, sekarang sudah tahu kan beda ‘language acquisition‘ dan ‘language learning‘? Lakukan keduanya, satu per satu atau bersamaan.

Jadi kalau kamu merasa bahasa Inggris kamu ‘kurang’, jangan putus asa. Think language acquisition. Semangat! Tapi jangan lupa… Usahanya juga dong… :-)

Questions and Answers

Q1. @dhanatamtomo: sebenarnya bkn gw ga bisa bhs inggris tp mls buat dipraktekinnya doang | A1. Malas itu gerbang menuju kehancuran. Bukan dlm hal bahasa Inggris saja. We don’t encourage laziness. Don’t be! :-D

Q2. @ferdimanamana: min, menurut guru pembimbing saya ketika PPL, orang yg cenderung mempelajari grammar, susah berkembang di speaking skill. karna orang-orang (khususnya siswa), ketika praktik speaking, dia terus memikirkan grammar yg tepat dan cenderung takut salah | A2. That’s right. Because kids & young learners need to acquire English first, don’t introduce irrelevant grammar just yet. :-)

Q3. @HadhiPribadi: And on the contrary, language learning is conscious process. | A4. Correct. :-)

Q5. @ilhamansyah: the point, jangan takut salah ya kaka admin? | A5. Yes, in order to acquire the language. :-)

Q6. @Elgyaib: kak, berarti bljr bhs inggris itu gakperlu hrs les2 yg mahal ya? Otodidak gitu hehe :D | A6. Ada saatnya perlu, tp tidak wajib. :-)

Q7. @renggasanti: I always say to my students that if they want to acquire English they must: berani salah dan berani malu. :)

Compiled and written by @NenoNeno at @EnglishTips4U on March 25, 2013

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s